Manfaat Konsumsi Makanan Organik Bagi Bayi

Manfaat Konsumsi Makanan Organik Bagi Bayi

Beberapa tahun belakangan ini, makanan organik memang semakin ramai digandrungi masyarakat. Terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan kesehatan dan nilai gizi makanan yang mereka konsumsi. Makanan organik seperti buah-buahan atau sayuran organik memang memiliki nilai gizi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan non-organik. Hal ini dikarenakan, dalam proses penanamannya tidak menggunakan pestisida dan pupuk sintetis. Seperti kita ketahui, bahwa pestisida mengandung zat kimia dan dapat meninggalkan residu pada tanaman.

Manfaat Makanan Organik Bagi Bayi

Ada beberapa alasan orang tua memberikan makanan organik pada bayinya, seperti.

  1. Usia bayi yang masih terlalu dini memiliki daya imunitas yang masih rendah
  2. Memberikan nutrisi yang terbaik pada awal kehidupan bayi
  3. Polusi serta kondisi lingkungan yang semakin tercemar menjadi alasan utama
  4. Rasa yang lebih segar dan enak pada makanan organik

Pada dasarnya, kandungan gizi yang ada pada makanan organik tidak jauh berbeda dengan non-organik. Hanya perbedaannya terletak pada kandungan residu yang tersisa pada makanan non organik . namun, Anda tidak terlalu khawatir berlebihan apabila tidak dapat menyediakan makanan organik bagi bayi Anda. sebab, pemerintah telah mengatur ukuran residu untuk buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun, jika Anda ingin memberikan makanan organik bagi bayi Anda, maka ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh.

  1. Terhindar dari risiko kanker dan autisme

Organo fosfor adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam pestisida dan berbahaya bagi tubuh jika masuk ke dalam makanan dalam jumlah yang terlalu tinggi. Organo fosfor juga termasuk dalam salah satu senyawa berbahaya yang dapat mengakibatkan kanker dan autisme pada anak-anak. Dengan memilih makanan organik, maka bayi Anda aman dari pengaruh buruk pestisida.

  1. Mengandung antioksidan tinggi

Antioksidan adalah zat yang penting bagi tubuh. Antioksidan banyak terkandung pada buah dan sayuran. Namun, jika kandungan pestisida pada buah dan sayuran tinggi, maka zat antioksidan tersebut dapat berkurang. Oleh karena itu, dengan memberikan makanan organik pada bayi Anda, maka dia akan mendapatkan nutrisi berupa antioksidan yang tinggi.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bahan makanan organik tidak hanya berupa sayuran dan juga buah-buahan, namun susu dari sapi yang mengonsumsi rumput organik juga dapat menghasilkan susu yang mengandung asam linoleat terkonjugasi dan juga omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

  1. Lebih segar dan enak

Buah serta sayuran yang tidak terpapar pestisida akan memiliki rasa yang lebih alami yaitu segar dan manis. Oleh karena itu, dengan memilih buah serta sayuran organik, maka bayi Anda akan dapat merasakan manis dan segar dari buah serta sayuran yang alami.

  1. Ramah lingkungan

Dengan memilih sayuran serta buah-buahan organik, maka hal itu berarti Anda telah ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Sebab, penggunaan pestisida yang berlebihan akan membunuh rantai makanan.

Tips Hemat Pengeluaran untuk Makanan Organik

Tidak dapat dipungkiri bahwa sayuran serta buah-buahan organik dijual dengan harga yang lebih mahal daripada buah dan sayuran non organik. Perbedaan harga keduanya bisa berkisar antara 20-25% oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghemat pengeluaran saat berbelanja makanan organik untuk sang buah hati.

  1. Membeli dalam jumlah besar

Biasanya juga kita membeli buah-buahan ataupun sayuran dalam jumlah yang besar, maka harga yang diberikan juga akan lebih murah daripada kita membelinya secara eceran. Oleh karena itu, belilah bahan makanan organik dalam jumlah yang besar, apalagi jika Anda membelinya langsung ke petani organik.

  1. Komunitas organik

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan organik, maka saat ini telah banyak komunitas organik yang ada di berbagai kota. Dengan bergabung dengan komunitas organik, maka Anda akan mendapatkan banyak informasi seputar makanan organik. Anda juga akan mendapatkan informasi tentang tempat yang menjual makanan organik dengan harga yang terjangkau.

  1. Daging

Daging dari hewan yang dipelihara secara alami, memang harganya lebih mahal daripada daging non organik. Oleh karena itu, Anda cukup memilih bahan makanan berupa buah dan sayuran yang organik. Sebab, harga sayuran dan buah organik tentunya akan lebih murah dibandingkan dengan daging organik.