Waspada, Dampak Sakit Gigi Ketika Sedang Hamil

Dampak Sakit Gigi Ketika Sedang Hamil

Salah satu jenis keluhan yang banyak terjadi pada wanita hamil adalah sakit gigi. Sakit gigi saat hamil bukanlah jenis penyakit yang mudah diatasi. Karena tak sembarang obat bisa dikonsumsi pada saat kehamilan terjadi. Berbagai jenis obat seperti ibuprofen, aspirin dan beberapa jenis obat lainnya tak boleh dikonsumsi karena bisa membahayakan kehamilan.

Satu jenis obat pereda rasa nyeri yang bisa Anda pilih untuk meredakan sakit gigi adalah Parasetamol. Namun sebaiknya sebelum Anda mengonsumsi obat tersebut alangkah baiknya jika Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan yang menangani kesehatan kandungan Anda untuk mendapatkan saran terbaik.

Berbagai Macam Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Setidaknya ada beberapa macam penyebab tentang mengapa banyak terjadi sakit gigi saat hamil. Di antaranya adalah karena tingginya hormon progesteron yang ada dalam tubuh wanita hamil sehingga membuat respons tubuh Anda meningkat terhadap sensitivitas gusi dan gigi. Tentunya hal ini menjadi satu hal yang tak bisa dihindari.

Kemudian penyebab kedua adalah karena perubahan pH air liur pada wanita yang sedang hamil. Air liur wanita yang sedang hamil memiliki tingkatan pH yang lebih asam ketimbang wanita yang tak sedang hamil. Maka dari itu jika wanita hamil terus menerus muntah karena morning sickness tentunya air liur akan menempel di gigi sehingga bisa menyebabkan sakit gigi. Terutama jika Anda tak rajin sikat gigi selama hamil.

Padahal resiko atau dampak yang bisa terjadi jika sakit gigi pada saat sedang hamil bisa membahayakan janin yang ada dalam kandungan. Hal ini menjadi satu peringatan khusus yang harus diwaspadai oleh semua ibu hamil agar tak menganggap remeh kesehatan dan kebersihan gigi mereka selama kehamilan berlangsung.

  • Kematian janin

Terjadinya sakit gigi saat hamil bisa menyebabkan kematian janin jika hal ini terjadi berlarut-larut bahkan hingga sampai pada tahap yang amat parah. Gigi yang sakit bisa terjadi karena berlubang atau gusi yang membengkak. Gigi yang berlubang bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri apalagi jika ibu hamil tak rajin menggosok giginya sehari 2 kali. Bakteri bisa tumbuh dan berkembang biak kemudian masuk ke dalam aliran darah ibu kemudian sampai ke janin. Setelah itu apa pun bisa terjadi pada janin.

  • Kelahiran prematur

Sakit gigi saat  hamil juga akan mengakibatkan stres berkepanjangan, berkurangnya rasa atau nafsu makan hingga ibu hamil akan kekurangan nutrisi yang bisa berdampak langsung pada janin yang ada dalam kandungan. Jika janin kekurangan nutrisi atau ibu yang sedang hamil mengalami stres karena sakit yang tak kunjung mereda maka bukan tidak mungkin janin akan lahir secara prematur.

  • Infeksi pada janin

Jika sakit gigi terjadi pada ibu yang sedang hamil juga besar kemungkinan bisa terjadi infeksi pada tubuh janin. Hal ini dikarenakan pada saat sakit gigi bakteri akan dengan mudah berkembang biak di gigi khususnya yang berlubang. Sakit gigi pada ibu hamil juga bisa berkembang pada sinusitis yang nantinya bisa berakibat pada menularnya infeksi Sinusitis pada tubuh janin yang sedang dikandung.

  • Berat bayi lahir rendah

Dan dampak yang terakhir dari terjadinya sakit gigi pada ibu yang sedang hamil adalah dengan adanya berat badan bayi lahir rendah. Selain ini bisa membahayakan kesehatan ibu yang sedang hamil juga akan sangat berbahaya untuk kesehatan janin. Janin yang lahir dengan berat badan rendah harus ditempatkan di inkubator atau tempat bayi khusus agar supaya dapat bertahan hidup. Demikian ulasan singkat tentang dampak sakit gigi saat hamil.